Aki atau baterai merupakan komponen yang penting dalam sistem kelistrikan kemdaraan baik motor maupun mobil. Jika sistem kelistrikan tidak berfungsi dengan baik berakibat fatal, lampu menjadi redup, bahkan mobil kesayangan kita sulit untuk di stater. Sebuah fenomena yang menjengkelkan jika hal ini terjadi pada saat kita dalam perjalanan.
Bagi mobil mobil tahun muda mungkin jarang terjadi. Tetapi bagi para janda janda klasik mobil mobil tua...hehehe, becanda. hal ini sering terjadi. Ya maklum karena faktor U. usia...brohhh....
Ok, langsung saja ke tekape,
Aki tekor disebabkan banyak faktor :
1. Usia aki udah aki aki.
2. Dinamo pengisian tidak berfungsi dengan normal
3. Terjadi kebocoran arus
Solusi :
1. Aki yang memang usianya udah, lanjut ada beberapa solusi. Pertama cuci aki pake air hangat hingga air didalam aki tidak lagi keruh. jika masih keruh ulangi lagi. pengalaman saya sampai 6 kali baru bersih. kemudian tungkan aki zuur yang tutupnya maupun kemasannya berwarna merah, lalu di stroom sehari, esok harinya baru bisa dicoba.
kedua. gunakan serbuk EDTA tehnik untuk aki yang masih ada stroomnya. caranya tungkan air aki kurang lebih setengah gelas kemudian larutkan setengah sendok serbuk EDTA tehnik lalu di aduk aduk hingga larut. kemudian isikan kedalam sel sel aki. diamkan 1-2 jam. jika tetap tidak kuat, gunakan kick stater. silahkan kendaraan anda buat jalan jalan dulu biar aki terisi stroomnya. Lha kalo mobil ga ada kick staternya ? ya... didorong dulu. cape deh..... ini pengalaman pribadi tapi alhamdulillah berhasil. saya terapkan pada aki motor mio dan mobil carry.
catatan : kondisi aki masih ada stroomya tapi lemah.
ketiga. Gunakan kertas merah atau kertas ungu gan. solusi ke tiga ini paling jitu...... lembiru gan
2. Dinamo pengisian tidak berfungsi dengan baik. untuk mengetahui mudah saja tinggal hubungkan kontak pada posisi ON, kemudian ambil obeng dan tempelkan pada bagian depan alternator yang ada vanbeltnya. jika ada gaya mahnit dan obeng menempel maka alternator dalam kondisi baik.
Jika terjadi kerusakan pada alternator sebaiknya ke bengkel.
3. Terjadi kebocoran arus. untuk mengetahuinya kita gunakan alat bantu multiterter, atau AVO meter. caranya, lepas kutu negatif aki, lalu hubungkan kabel dan kutub negatif dengan jarum avo meter. jika menunjukan 0.05 maka normal, lebih dari itu berarti terjadi kebocoran arus. Solusinya cari letak kinsluting dengan mengurutkan kabel satu2. Pusing dah...
Tapi jangan khawatir ada solusi praktis.
Caranya :
Buat saklar pada aki, dengan memutus kabel positif aki. Saat mobil ga dipake silahkan di off saklarnya. Meski ga dipake beberapa hari stroom tetap utuh. Ingat yg diputus hanya kabel positif ke rangkaian penerangan atau acesoris. Yg ke stater biarkan saja.
Untuk saklar banyak dijual disparepart mobil. Harganya 100 ribuan kurang lebih. Kalo penulis menggunakan saklar handel buat listrik yg 30A harganya 45 ribuan. Selamat mencoba.